Scientific Literature: Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Dalam sebuah penelitian mungkin Anda mengenal dengan istilah scientific literature atau literatur ilmiah. Ya, literatur ilmiah sangat penting dalam suatu penelitian karena sebuah literatur dapat menentukan kualitas dari karya ilmiah untuk menguatkan argumen di dalamnya.

Singkatnya, literatur diperlukan untk mengumpulkan fakta dan data yang berupa teori atau pun kajian yang dirasa berguna sebagai landasan suatu karya ilmiah yang sedang diteliti. Berikut penjelasan lebih lanjut tentang apa itu scientific literature.

Jasa pembuatan skripsi

Pengertian Scientific Literature

Dikutip dari Wikidoc, dijelaskan bahwa Scientific Literature (Literatur Ilmiah) adalah media utama untuk mengkomunikasikan hasil penelitian ilmiah dan dengan demikian merupakan catatan permanen pencapaian kolektif komunitas ilmiah dari waktu ke waktu.

Literatur ilmiah sangat berguna dalam memberikan catatan penelitian ilmiah yang kumulatif dan permanen yang dapat dikonsultasikan untuk mempelajari penelitian di suatu bidang.

Basis pengetahuan ilmiah ini terdiri dari “produk akhir” individu dari penelitian dan penemuan ilmiah dan terus berkembang seiring penelitian baru dibangun di atas penelitian sebelumnya.

Lewat sebuah scientific literatur sebuah penelitian baru lahir yang dapat menambah, membuktikan, memodifikasi, menyempurnakan atau menyangkal pengetahuan yang ada pada topik tertentu.

Jenis-Jenis Scientific Literatur

Ada beberapa jenis penelitian yang bisa memakai pendekatan scientific literature, yang akan dijelaskan secara rinci seperti di bawah ini;

Literatur Primer

Sumber data dari literatur primer merupakan studi asli, berdasarkan pengamatan langsung, penggunaan catatan statistik, wawancara, atau metode eksperimental, dari praktik aktual atau dampak aktual dari praktik atau kebijakan.

Literatur primer ditulis oleh peneliti, berisi data penelitian asli, dan biasanya diterbitkan dalam jurnal peer-review.

Literatur primer juga dapat mencakup makalah konferensi, pra-cetak, atau laporan pendahuluan. Disebut juga penelitian empiris.

Literatur Sekunder

Literatur sekunder terdiri dari interpretasi dan evaluasi yang berasal dari atau mengacu pada Literatur Primer.

Contohnya termasuk artikel ulasan (seperti meta-analisis dan ulasan sistematis) dan karya referensi.

Profesional dalam setiap disiplin mengambil literatur utama dan mensintesis, menggeneralisasi, dan mengintegrasikan penelitian baru.

Literatur Tersier

Literatur tersier terdiri dari hasil penyulingan dan kumpulan sumber primer dan sekunder seperti buku teks, artikel ensiklopedi, dan buku panduan atau buku pegangan.

Tujuan literatur tersier adalah untuk memberikan ikhtisar temuan penelitian utama dan pengantar prinsip dan praktik dalam disiplin ilmu.

Setelah membaca penjelasan di atas. mungkin Anda sudah memiliki gambaran tentang apa itu Scientific Literatur bukan? Jadi ayo mulai penelitian dengan scientific literatur sekarang.

Hubungi saya untuk bantuan terkait pembahasan di artikel ini dengan klik tombol WhatsApp di pojok kanan bawah.

Jasa pembuatan karya ilmiah
Facebook
Pinterest
Twitter
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Article

Chat WhatsApp
1
Butuh konsultasi?
Halo, Kak. 😊

Ingin dibantu pengerjaan karya ilmiah: skripsi, tesis, disertasi, dan jurnal dari nol hingga lulus dengan garansi acc atau uang kembali?

Yuk chat Admin, online 24/7