Cara Membuat Literature Review dan Contohnya

Bila Anda mencari jenis skripsi atau penulisan ilmiah yang berbeda, Anda bisa mencoba literature review. Tetapi bagaimana cara membuat literature review yang baik dan benar? Apa yang membedakannya dari penelitian ilmiah lain?

Pada artikel ini akan membahas secara detail mengenai pengertian literature review, bagaimana cara pembuatan hingga contoh-contoh literature review.

Sebelum membahas lebih lanjut, penting untuk Anda pahami apa sebenarnya literature review. Secara sederhana literature review dapat diartikan sebagai riset atas literature.  Riset ini bertujuan untuk memahami materi literature, analisa, menarik kesimpulan dan menemukan kelebihan serta kekurangan dari literature tersebut.

Sebuah skripsi bisa difokuskan sebagai penelitian literature review dengan literature tertentu sebagai objek penelitian. Tetapi, literature review juga lazim dihadirkan dalam skripsi sebagai landasan teori atau tinjauan pustaka.

Pada kondisi demikian, literature review akan berperan sebagai landasan dalam penentuan hipotesa dan dasar analisa dari kasus yang menjadi objek penelitian skripsi.

Jasa pembuatan skripsi

Cara Membuat Literature Review

Agar hasil literature review yang berkualitas, tentu saja Anda perlu menyusunnya dengan pendekatan ilmiah yang tepat. Namun, tidak mudah untuk memahami bagaimana sebenarnya cara membuat literature review yang tepat.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut adalah panduan sederhana untuk membantu Anda memahami bagaimana cara membuat literature review yang tepat.

Cara membuat literature review
Cara membuat literature review. (Img: iStockphoto)

1. Identifikasi Apa yang Ingin Dianalisa

Setelah menentukan topik dari riset, coba identifikasi lebih dalam apa sebenarnya yang ingin Anda analisa lebih jauh dari topik tersebut.

Anda bisa menyusunnya dalam poin-poin untuk nantinya menjadi benang merah dari penelitian atau review Anda.

2. Tentukan Batasan Pencarian

Penting untuk Anda juga menentukan batasan dari pencarian Anda. Ini akan menjadi panduan dalam proses pemilihan literature yang relevan dengan riset Anda.

Pembatasan bisa dilakukan berdasarkan tahun penulisan, lokasi penulisan, database atau kategori penulis.

3. Jabarkan Poin-poin Review

Pada tahapan ini penting untuk Anda membuat penjabaran soal apa saja poin yang akan menjadi bagian dari proses review.

Biasanya ini meliputi soal subjek dan objek, teori dasar, metodologi, kesamaan dan perbedaan dari sejumlah literature, perbandingan, kesenjangan dan lain sebagainya.

Penjabaran poin-poin ini akan sangat membantu Anda menentukan langkah demi langkah yang akan Anda jalankan untuk melakukan review. Juga membantu Anda menemukan data-data penting yang relevan dengan kebutuhan review.

4. Temukan Literature dengan Relevansi yang Tepat

Setelah Anda menyusun gambaran general sebagaimana dijelaskan di atas, saatnya untuk mulai berburu literature. Kumpulkan terlebih dulu beragam jenis literature yang sekiranya cukup relevan dengan identifikasi dan poin-poin batasan di atas.

Biasanya Anda akan menemukan cukup banyak literature dari beragam sumber. Pada tahap ini asumsikan setiap literature memiliki posibilitas yang sama untuk Anda jadikan objek review Anda.

5. Proses Penyaringan Literature

Setelah mengumpulkan sejumlah literature dengan potensi relevansi yang kuat. Saatnya untuk mulai melakukan penyaringan. Tahapan ini memiliki peran penting dalam membuat literature review.

Pada tahapan ini, Anda perlu membaca lebih detail materi dalam literature dan membandingkannya dengan poin-poin identifikasi yang telah Anda susun. Ini akan membantu Anda memilah jenis literature yang paling relevan dan yang paling tidak relevan.

Setelah proses pemilahan ini rampung, Anda tinggal menentukan berapa banyak literature yang akan dianalisa. Inilah tahap akhir dari proses penyaringan literature sebelum proses penyusunan dilanjutkan.

6. Proses Pencatatan dan Pendataan

Ini adalah tahapan krusial dari cara membuat literature review. Di sini Anda akan membaca materi literature dengan lebih mendalam.

Kemudian mencatat dan mendata setiap informasi yang penting serta relevan dengan topik penelitian.

Temukan teori dasar, olah data, kesimpulan, titik kritis dan elemen meragukan dari literature bersangkutan.

7. Menyusun Kerangka Penulisan

Setelah Anda mendapatkan semua data yang Anda perlukan, saatnya untuk mulai menulis review Anda. Awali dulu dengan membuat kerangka penulisan.

Di sini Anda akan menyusun beberapa poin penulisan yang menjadi gambaran secara garis besar dari review. Gambaran ini disusun merujuk pada data yang sebelumnya sudah Anda catat.

8. Penyusunan Literature Review

Sudah dengan gambaran garis besar dan kerangka penulisan, maka kini saatnya penulisan literature review Anda tuntaskan. Lakukan analisa terlebih dulu atas data-data yang sudah dikumpulkan.

Pada tahap ini Anda akan menguak sejumlah informasi seperti metodologi penelitian yang diterapkan, bagaimana hipotesa, dan kesimpulan yang termuat dalam literature.

Anda juga bisa mengungkap soal jenis teori yang digunakan, kesesuaian teori dengan kesimpulan dan lain sebagainya.

Setelahnya, susun narasi dan deskripsi dari literature yang Anda gunakan. termasuk juga analisa data dan kesimpulan yang berhasil Anda ambil. Susun dalam bahasa yang mudah dipahami dan formal untuk memudahkan pembaca.

Kerangka Literature Review

Kerangka literature review
Kerangka literature review (Img: Gettyimages)

Pada bahasan sebelumnya mengenai tahapan cara membuat literature review, Anda bisa menemukan poin penyusunan kerangka. Ini menjadi bagian krusial yang membantu Anda menyusun penulisan dengan arah yang tepat, tidak melebar, dan sesuai topik.

Bahkan kerangka juga bisa menjadi pembatas cakupan penulisan. Ini akan efektif membantu memahami bagaimana literature review ini dibuat.

Pada dasarnya, penyusunan literature review serupa dengan penulisan karya ilmiah lain. Untuk lebih jelasnya berikut bagian-bagian dari kerangka literature review.

1. Pendahuluan

Sebagaimana pada penulisan ilmiah lain, pendahuluan akan menjadi bagian pertama dari kerangka literature review. Pendahuluan akan memberikan gambaran secara garis besar mengenai penulisan karya ilmiah yang Anda garap.

Di sini, penting untuk menjelaskan alasan atau latar belakang dari review yang Anda buat. Termasuk pula tujuan dan fokus dari review tersebut juga soal ruang lingkup serta pendekatan yang digunakan dalam proses review.

Bisa dikatakan pendahuluan akan membantu pembaca memperoleh gambaran benang merah dari penulisan tersebut. Karena di sini pembaca seharusnya mendapatkan ikhtisar ringkas sekaligus pemikiran dasar ketika memulai review.

2. Isi Penulisan

Bagian kedua dari literature review adalah bagian isi, sebagai inti dari penulisan review yang disusun. Di sini, Anda akan memaparkan fakta-fakta, data-data, dan informasi yang berhasil dihimpun dalam proses review.

Kemudian, dilanjutkan dengan pemaparan soal proses analisa berikut dengan hasilnya. Tambahkan pula dengan poin-poin review lain seperti elemen kritis dari literature dan beberapa poin kelebihan serta kekurangannya.

Gambaran sederhana cara membuat literature review pada bagian isi adalah dengan melakukan 5 langkah sederhana. Keempat langkah tersebut adalah pemaparan atas ringkasan data, sintesis, analisa, penafsiran, dan evaluasi.

3. Penutup

Ketika sudah mencapai kerangka penutup, artinya Anda sudah merampungkan seluruh proses review. Di sini, yang perlu Anda sampaikan hanya kesimpulan atau ringkasan dari seluruh review yang telah ditulis.

Berikan gambaran secara umum seluruh proses review beserta hasil penafsiran dan evaluasi. Bila sekiranya relevan, Anda bisa tambahkan beberapa poin terkait keterbatasan dari review yang Anda lakukan.

Contoh Literature Review

Setelah Anda memperoleh penjelasan soal bagaimana cara membuat literature review. Berikut adalah beberapa contoh literature review sebagai gambaran akan bentuk dari skripsi atau penulisan ilmiah berbentuk literature review.

Contoh literature review ini dapat membantu Anda menemukan ide-ide dalam menentukan literature review. Berikut beberapa contoh literature review singkat yang bisa menjadi acuan Anda:

1. Contoh jurnal literature review bidang kesehatan

Nugroho, W.D., C, Wulandari, Alanish, Istiqomah, N., Cahyasari,I., Indrastuti, M., dkk., 2020. Literature Review : Transmisi Covid-19 dari Manusia ke Manusia Di Asia, Jurnal of Bionursing, 2(2), 101-112.

2. Contoh literature review jurnal pendidikan

Fatimah, Hikmah, Bramastia Bramastia, 2021, Literature Review Pengembangan Media Pembelajaran Sains, Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 2252-7893.

3. Contoh literature review jurnal kesehatan

Wijaya , Jeremiah. Hilkiah , Gilbert Sterling Octavius , Lie Rebecca Yen Hwei, 2022, A Literature Review Of telemedicine In Indonesia: Past, Preset, Future Prospective, Indonesian Journal of Health Administration, 10(2), 261-272.

4. Contoh literature review jurnal psikologi

Martin, A., O’Connor-Fenelon, M. and Lyons, R. (2010). Non-verbal communication between nurses and people with an intellectual disability: A review of the literature. Journal of Intellectual Diabilities, 14(4), 303-314.

5. Contoh literature review jurnal bidang politik

Gusmahansyah, Risatri, Hapzi Ali, Kasful Anwar Us, 2022, Literature, Review Sistem Berpikir Kebenaran Pendidikan Islam: Pengetahuan, Kepercayaan, Relativitas, Nilai dan Moralitas, Jurnal Hukum Humaniora dan Politik, Vol. 2 No. 2.

Contoh Literature Review Jurnal PDF

Untuk melengkapi penjelasan mengenai cara membuat literature review, Anda juga bisa mencoba membuka contoh literature review PDF yang juga kami bagikan pada pembahasan ini.

Gambaran literature review PDF ini akan sangat membantu Anda memahami bagaimana cara penyusunan sebuah penulisan ilmiah berformat literature review yang tepat.

FAQ Literature Review

Berikut beberapa pertanyaan beserta jawaban yang kerap muncul terkait literature review.

Bagaimana cara membuat literature review?

Berikut adalah panduan mengenai langkah-langkah cara membuat literature review:

  1. Menemukan literature yang sesuai
  2. Memilih Sumber dengan spesifikasi yang tepat
  3. Identifikasi materi dan poin review
  4. Menyusun kerangka penulisan
  5. Menulis review sesuai dengan identifikasi  pada poin 3

Apa saja isi dari literature review?

Isi utama dari literature review adalah penjabaran ringkasan data, identifikasi persoalan, sintesis, analisa, penafsiran dan evaluasi. Penjabaran ini harus dilakukan secara sistematis, eksplisit dan reprodusibel.

Langkah awal literature review?

Sejumlah langkah awal yang perlu Anda lakukan ketika mulai menyusun literature review adalah sebagai berikut.

  • pemilihan topik dari penulisan
  • lakukan pengumpulan literature dengan penulusuran secara offline maupun online
  • tentukan keyword dan kata kunci untuk menemukan literature yang relevan

Apakah literatur sama dengan jurnal?

Jurnal merupakan salah satu bentuk dari literature yang memuat hasil dari penelitian.

Semakin baru jurnal diterbitkan akan semakin relevan materi di dalamnya dengan situasi terkini.

Penerbitan jurnal juga melalui proses penyaringan sehingga materi di dalamnya lebih terpercaya. Namun ada banyak lagi jenis literature selain jurnal.

Literature review termasuk penelitian apa?

Penelitian dalam bentuk literature review termasuk dalam jenis penelitian deskriptif yang bertujuan melakukan analisa, pengkajian dan peninjauan kritis atas materi dalam sebuah literature.

Literature review apakah sama dengan tinjauan pustaka?

Pada penulisan ilmiah, bab yang membahas soal literature review lebih lazim disebut tinjauan pustaka. Keduanya memiliki kesamaan sebagai ulasan kritis mengenai materi atau gagasan dalam literature. Namun, literature review sendiri bisa menjadi bentuk spesifik dari sebuah penulisan ilmiah.

Jasa pembuatan karya ilmiah
Facebook
Pinterest
Twitter
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Article

Chat WhatsApp
1
Butuh konsultasi?
Halo, Kak. 😊

Ingin dibantu pengerjaan karya ilmiah: skripsi, tesis, disertasi, dan jurnal dari nol hingga lulus dengan garansi acc atau uang kembali?

Yuk chat Admin, online 24/7